Sistem Informasi Perpustakaan


"LENTERA" merupakan Sistem Informasi Perpustakaan Yang Berbasis On-Line , sistem ini adalah sebuah software aplikasi yang mengintegrasikan seluruh proses yang ada di di Perpustakaan ( back office dan front office) ke dalam sebuah sistem yang di dukung oleh teknologi terkini, sehingga semua data dapat di akses dari titik manapun (intranet / internet) yang ada di internal sekolah / perguruan tinggi dengan tingkatan akses tertentu (any where and any time).

Berikut Scope dari Aplikasi LENTERA


I. Front Office Application

Scope dari Aplikasi Front Office "Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan" terdiri dari:

    a. Aplikasi Website / Corporate Portal Perpustakaan
    yang berisi informasi mengenai profil dari perpustakaan
    b. Aplikasi "Online Public Access Catalog (OPAC)” .
    OPAC merupakan fasilitas yang dapat diakses oleh public untuk mencari koleksi perpustakaan yang diinginkan, public hanya perlu menginput keyword (judul / pengarang/ penerbit/etc). Dengan OPAC public juga dapat mengetahui status dari koleksi yang di cari (tersedia / sedang di pinjam). Kalau tersedia number koleksi mana yang tersedia dan dimana lokasinya. Kalau status dipinjam, kapan waktu pengembalian koleksi yang dipinjam tersebut. Dengan hal ini akan memudahkan public dalam proses pencarian koleksi perpustakaan
    c. Aplikasi " Library Members of Sirculation Records” .
    Merupakan fasilitas online yang dapat diakses oleh Anggota untuk mengetahui catatan peminjaman koleksi dari setiap anggota. Koleksi mana yang sudah di pinjam , dan koleksi mana yang status nya masing belum di kembalikan. Di aplikasi ini juga dapat diliat catatan keterlambatan pengembalian koleksi dan catatan pembayaran koleksi yang terlambat. Dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan setiap anggota untuk mengetahui catatan sirkulasi koleksi dan pembayaran yang pernah di lakukan ke perpustakaan


II. Back Application

yaitu berupa aplikasi manajemen operasional dan administrative perpustakaan. Scope aplikasi mulai dari :

    a. Manajemen Koleksi
    “Proses registrasi setiap catalog & koleksi perpustakaan” Dalam manajemen koleksi ini , user juga status (tersedia, di pinjam) dari masing masing koleksi dan kondisi dari masing masing koleksi (baik / buruk/ baru /ect).
    b. Manajemen Sirkulasi
    “Proses administrasi manajemen pendaftaran anggota, peminjaman dan pengembalian koleksi”. manajemen sirkulasi koleksi, user juga dapat melihat catatan peminjaman dari setiap anggota dan setiap koleksi perpustakaan.
    c. Laporan
    “Berisi informasi seputar daftar koleksi yang dalam status terlambat dan besaran jumlah denda perpustakaan yang terjadi akibat keterlambatan dalam pengembalian koleksi.