LEKAR ONLINE
SOP / Tata Cara Pembayaran
1. Login / Verifikasi Akun
Sebelum dapat melakukan proses pembayaran dalam aplikasi MicroSite LEKAR, User dalam hal ini parents harus telah terdaftar sebagai Member dari DOKU.
- Parents yang sudah terdaftar sebagai Member DOKU mengakses MicroSite LEKAR yang ada dalam tab Favorit di dalam Apps dari masing-masing Sekolah.
- Saat pertama kali mengakses, Parents diwajibkan melakukan verifikasi AKUN LEKAR dengan IDMember DOKU.
- Parents diwajibkan menginputkan USER ID / NO Induk anak beserta PasswordAKUN LEKAR yang telah diberikan oleh pihak Sekolah.
- Setelah terverifikasi maka Parents dapat mengakses Menu Pembayaran.
2. Pembayaran Biaya Sekolah
Setelah terVerifikasi, selanjutnya Parents dapat melakukan Proses Pembayaran dalam MicroSite LEKAR. Adapun Pembayaran yang dilakukan adalah Pembayaran Biaya Sekolah terkait Proses Akademik maupun Non Akademik, dengan cara :
- Parents memilih Tabulasi Pembayaran Akademik maupun Non Akademik, lalu pilih Jenis Pembayaran (Program Akademik, SPP Bulanan, Pangkal Sekolah).
- Selanjutnya Pilih Tahun Ajaran, sehingga muncul daftar Rincian Biaya yang harus dibayar atau Sudah dibayar sebelumnya.
- Setelah Parents menentukan Rincian Biaya yang akan dibayarkan, selanjutnya Parents klik Done untuk selanjutnya menentukan Metode Pembayaran yang akan digunakan.
- Metode Pembayaran yang disediakan adalah Doku Wallet, Kartu Kredit, Internet Banking (Mandiri Click Pay, etc.), ATM Transfer (Virtual Account), Convenience Store (Alfa Group, etc).
- Tekan Submit untuk proses transaksi selanjutnya.
Pembayaran Melalui Kartu Kredit :
-
- Pilih Metode Pembayaran Kartu Kredit (Credit Card Visa / Master Multi Currency)
- Setelah memilih Metode Pembayaran dengan kartu kredit, Parents akan dibawa ke halaman Invoice (Tagihan) dari Rincian Biaya yang dipilih beserta Biaya Administrasi yang terkait.
- Invoice ini nantinya secara otomatis akan di kirim ke email Parents yang terdaftar.
- Selanjurnya Parents akan dibawa ke Halaman Pembayaran yang di support Visa/Master Card. Halaman ini adalah “Secured Page” karena semua data Parents akan terenkripsi dan aman dari pencurian Data.
- Parents akan diminta memasukkan semua informasi yang dibutuhkan dengan jelas di halaman ini, antara lain : No. Kartu Kredit, Nomor CVV, Nama Pemegang Kartu, Masa Kadaluwarsa Kartu yang terdaftar di Kartu Kredit.
- Selanjutnya Parents akan menerima SMS berisikan Kode Konfirmasi dari pihak Bank Penerbit Kartu Kredit, Kode tersebut akan dimasukkan ke dalam 3D Secured Page yang akan muncul popup di halaman selanjutnya.
- Setelah selesai dan proses dinyatakan “Success” atau “Sukses” maka akan muncul Halaman Notifikasi dan Parents bisa melanjutkan ke transaksi selanjutnya.
- Untuk transaksi menggunakan kartu kredit : minimal 2 x 24 jam setelah transaksi dilakukan.
Pembayaran Melalui Internet Banking (Mandiri Click Pay) :
-
- Pilih Metode Pembayaran Mandiri Click Pay
- Parents akan dibawa ke halaman Bank Pembayaran Internet Banking dalam hal ini Mandiri Click Pay.
- Input Nomor Kartu dan Respon Token dari Bank
- Setelah melakukan verifikasi transaksi, Bank akan mendebet Rekening Nasabah, mengkreditkan rekening penampungan Merchant.
- Selanjutnya setelah proses selesai dan dinyatakan “Success” atau “Sukses” maka Parents akan dibawa ke halaman Notifikasi Berhasil.
Pembayaran Melalui Doku Wallet :
-
- Pilih Metode Pembayaran Doku Wallet
- Parents akan dibawa ke Halaman Doku, untuk menginputkan Doku ID dan Password dari Doku ID Parents.
- Setelah proses verifikasi dinyatakan berhasil, selanjutnya Parents akan masuk ke Halaman selanjutnya untuk memasukkan PIN dari Doku ID Parents.
- Selanjutnya Parents melakukan transaksi sesuai dengan Tagihan yang ditagihkan.
- Setelah selesai dan dinyatakan “Success” atau “Sukses” maka Parents akan dibawa ke halaman Notifikasi Berhasil.
Pembayaran Melalui Convenience Store (AlfaMart Group) :
-
- Pilih Metode Pembayaran Convenience Store (AlfaMart Group)
- Parents akan dibawa ke Halaman Panduan Pembayaran, untuk membaca panduan pembayaran untuk transaksi ini.
- Selanjutnya Parents akan melihat daftar Rincian Biaya yang akan dibayar beserta biaya Administrasi yang dikenakan.
- Setelah Bayar, Parents akan mendapatkan Kode Bayar (Payment Code) berupa + 14 Digit angka nomor rekening virtual.
- Parents selanjutnya akan diarahkan untuk melakukan pembayaran ke Convenience Store dengan membawa Kode Bayar (Payment Code) yang didapat dari aplikasi.
- Pembayaran dapat dilakukan di Convenience Store yang telah ditentukan.
- Pembayaran melalui Convenience Store dibatasi waktu maksimal 6 jam setelah pemesanan dilakukan.
Pembayaran Melalui ATM Transfer :
-
- Pilih Metode Pembayaran ATM Transfer
- Parents akan dibawa ke Halaman Panduan Pembayaran, untuk membaca panduan pembayaran untuk transaksi ini.
- Selanjutnya Parents akan melihat daftar Rincian Biaya yang akan dibayar beserta biaya Administrasi yang dikenakan.
- Setelah Bayar, Parents akan mendapatkan Kode Bayar (Payment Code) berupa + 14 Digit angka nomor rekening virtual.
- Parents selanjutnya akan diarahkan untuk melakukan pembayaran melalu transefer di ATM dengan membawa Kode Bayar (Payment Code) yang didapat dari aplikasi.
- Pembayaran dapat dilakukan di melalui ATM Jaringan Prima, Jaringan ATM Bersama dan Jaringan ALTO.
- Pembayaran melalui ATM Transfer dibatasi waktu maksimal 6 jam setelah pemesanan dilakukan.
3. Catatan
- Parents dihimbau untuk menyimpan Invoice yang dikirim via email ke akun email Parents yang telah terdaftar.
- Setelah proses pembayaran Parents dilakukan, pihak sekolah akan mendapatkan informasi pembayaran jika pembayaran dinyatakan Sukses. Apabila ada kekurangan data maupun kelengkapan lainnya admin sekolah akan menghubungi parents ke nomor telepon atau email yang terdaftar untuk melakukan proses konfirmasi ulang.
- Total biaya yang ditagihkan sudah disertakan oleh biaya administrasi yang dibebankan kepada Parents dengan terlebih dahulu menginformasikan ketika pembayaran hendak dilakukan.
- Untuk Pembayaran dengan ATM Transfer atau Convenience Store, Parents dapat melakukan pengecekan status jika status tagihan belum terbayar walaupun transaksi telah selesai dilakukan.
LEKAR ONLINE
Terms and Conditions :
LEKAR merupakan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Pendidikan Terpadu yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT. Indo Global (iGlobal) Nusa Persada. Segala aktivitas dan aturan yang bersangkutan langsung dengan LEKAR akan sepenuhnya diatur oleh syarat dan ketentuan dibawah ini.
Dalam waktu yang tidak ditentukan syarat dan ketentuan akan berubah. Penggunaan dalam LEKAR harus mengikuti setiap perubahan yang merupakan bagian dari perjanjian dan terikat olej persyaratan sesuai dengan perubahan yang ada tanpa terkecuali.
Barang dan Jasa :
PT. Indo Global (iGlobal) Nusa Persada merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang IT sejak tahun 2005. Fokus bisnis dari PT. Indo Global (iGlobal) Nusa Persada adalah Layanan Aplikasi Manajemen Pendidikan dengan nama LEKAR.
LEKAR adalah sebuah Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Pendidikan Terpadu yang mengelola seluruh kegiatan di sekolah yang tekait dengan Customer Service, Administrasi TU, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Penilaian & Raport, Pembelajaran, Pembayaran dan Manajemen Tata Kelola Sekolah.
LEKAR sendiri sudah menjadi platform online system edukasi yang handal dan dipergunakan di banyak sekolah ternama (50 sekolah swasta dan international school terkemuka se-Jabodetabek) seperti Al-Azhar, Muhammadiyah, Global Islamic School (GIS), Bakti Mulya 400 (BM400), dan Bunda Mulia Internasional School (BMIS).
Kebijakan Pembayaran :
Kami memberikan beberapa metode pembayaran, yaitu :
-
- Pembayaran dengan Credit Cards : Visa dan Master Card
- Pembayaran dengan Internet Banking (Mandiri Click Pay)
- Pembayaran dengan Doku Wallet
- Pembayaran dengan Convenience Store
- Pembayaran dengan ATM Transfer
Khusus pembayaran dengan kartu kredit, Parents harus mengklik submit untuk proses pembayaran online dan memasukkan data pemegang kartu kredit.
Kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan kartu kredit atau alat pembayaran apapun yang merupakan hak milik anda dan di luar jangkauan pengawasan kami.
Mata uang yang digunakan dan berlaku sah dalam proses pembayaran pada system LEKAR adalah dalam Indonesia Rupiah (IDR). (semua transaksi akan diproses dalam mata uang rupiah – atau dikonversikan dalam nilai konversi Rupiah (IDR)).
Invoice merupakan bukti transaksi yang sah, dan digunakan sebagai acuan referensi pembayaran yang dilakukan.
Invoice yang terproses akan secara otomatis dikirim via email ke alamat Parents yang terdaftar di dalam system secara otomatis.
Invoice yang terkirim dihimbau untuk disimpan yang mungkin akan berguna untuk pelayanan setelah proses pembayaran dilakukan.